Jumat, 09 Januari 2015

Selalu ada Hikmah dalam Setiap Kejadian

Selalu ada Hikmah dalam Setiap Kejadian
Setiap kejadian apapun yang kita alami, pasti memiliki hidayah yang biasa kita sebut “hikmah”. Hikmah disini memang datangnya dari Allah SWT, hanya saja perantaranya adalah manusia. Kejadian yang menyenangkan atau bahkan sangat menjengkelkan, pasti selalu ada hikmah di dalamnya. Jangan selamanya menyalahkan kejadian buruk yang menimpa kita sedangkan dengan adanya kejadian baik malah kita menjadi kufur, tidak ingat kepada Allah yang mengantarkan kita ke jurang kesesatan.
Manusia ketika mengalami kejadian buruk, secara wajar akan mengalami kesedihan, perasaan was-was, dan merasa tidak tenang. Sangatlah wajar sifat manusia seperti itu, karena pada dasarnya manusia diciptakan memiliki hati dan perasaan, sehingga bisa merasakan setiap kejadian. Bahkan yang lebih buruk lagi, manusia ada yang sampai mengatakan seperti ini, “Mengapa aku mendapat ujian seperti ini? Allah memang tidak adil kepadaku, aku selalu mendapat kejadian yang tidak menyenangkan, Allah sudah ga suka sama aku, padahal aku hamba-Nya, mana keadilan Allah???”. Manusia yang mengatakan seperti itu adalah manusia yang tidak tau diri. Betapa banyak rizki yang Allah berikan, betapa banyak nikmat yang diberikan, kemudian hanya karena suatu kejadian yang buruk kemudian manusia menjadi menyalahkan Allah? Lalu nikmat yang Allah berikan dikemanakan? Dilupakan jauh-jauh? Renungkanlah semua renungkanlah. Hanya satu masalah yang diberikan, kemudian menjadikan kita melupakan semua kebaikan yang pernah didapatkan, manusia yang tidak pernah bersyukur akan hidup, hanya mementingkan diri nya sendiri, ingin selalu mendapatkan kesenangan tanpa ada kesedihan di dalamnya, layaknya meniadakan hukum gravitasi di bumi.
Cobalah berfikir betapa banyak nikmat yang diberikan, betapa banyak kejadian menyenangkan yang dialami. Hidup itu layaknya roda, tidak selamanya manusia itu diatas, bisa saja sedang di posisi bawah. Itulah hidup, makna dari kehidupan adalah mencari setiap hikmah dalam suatu kejadian, karena ketika kita mengalami kejadian buruk dan baik, pasti disitu akan ada hikmah, hanya saja kita belum menemukan atau sedang mencarinya. Carilah hikmah dan kalian akan merasa bersyukur kepada Allah SWT, mengapa kejadian itu ditimpakan kepadamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar